Aktifkan kembali Donasi Konsumen, Alfamidi kumpulkan Rp 822 juta bulan Agustus

PT Midi Utama Indonesia Tbk. (Alfamidi) kembali menggalang dana masyarakat (Donasi konsumen) melalui jaringan tokonya di seluruh Indonesia. Program yang sempat berhenti di medio Februari 2017 ini kembali dihidupkan. Kali ini, Alfamidi menggandeng Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Sedekah Nadlathul Ulama (Lazisnu) di dalam penyalurannya.

 

Donasi konsumen Alfamidi merupakan penggalangan dana yang berasal dari sisa uang kembalian konsumen. Besarannya dari Rp 1,- sampai Rp 499,-.  Jadi, jika ada kembalian sebesar Rp 4.400,- maka mesin kasir Alfamidi secara otomatis akan memunculkan pop-up penawaran donasi kepada konsumen sebesar Rp 400,-.

 

“Kenapa di bawah Rp 500,-? Karena selain sering susah mendapatkan uang receh untuk kembalian juga tidak terlalu memberatkan konsumen,” terang Arif L. Nursandi, Corporate Communication Manager Alfamidi.

 

Sejak dijalankannya kembali program Donasi Konsumen Alfamidi, sepanjang bulan Agustus 2018 telah terkumpul dana konsumen sebesar Rp 822.610.441,-. Angka ini jauh di atas target yang dicanangkan yakni Rp 400 juta.

 

Surprise buat kami karena di atas prediksi. Padahal target Rp 400 juta saja menurut saya cukup berat karena program ini sempat tidak aktif. Tentu ini signal positif bagi kami untuk lebih semangat lagi menawarkan donasi agar penyalurannya dapat lebih banyak menjangkau masyarakat,” paparnya.

 

Donasi Peduli Dhuafa

 

Menurut pria yang akrab disapa Andi ini, alasan mengajak Lazisnu di dalam pengelolaan Donasi konsumen Alfamidi karena Lazisnu merupakan lembaga sosial yang cukup kredibel dan memiliki kesamaan-kesamaan dalam hal kegiatan sosial seperti peduli kaum dhuafa, khitanan massal, renovasi tempat ibadah dan kegiatan sosial lainnya.

 

“Oleh karenanya kami yakin Lazisnu mampu untuk mengelola dana konsumen Alfamidi secara profesional, tepat sasaran dan transparan” katanya.

 

Kerja sama dengan Lazisnu akan berlangsung selama tiga bulan yakni dari tanggal 1 Agustus hingga 31 Oktober 2018. Namun penyaluran donasi tersebut diharapkan sudah bisa berjalan mulai bulan Oktober 2018.

 

“Untuk hasil pengumpulan bulan Agustus ini akan kami salurkan sepenuhnya untuk pengadaan paket sembako gratis kaum dhuafa. Untuk wilayahnya sendiri kami masih godog,” katanya.

 

M. Sulton Fathoni, Ketua NU-Care Lazisnu menyambut baik kerja sama dengan Alfamidi tersebut. Menurutnya hal itu adalah langkah strategis dalam mengimplementasikan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

“Ini awal yang baik, harapan kami kerja sama ini tidak cukup di sini saja tetapi bisa lebih luas lagi seperti pembayaran zakat via jaringan Alfamidi dan lain sebagainya sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa terbantukan,” katanya.

 

Sementara untuk transparasi, Arif menjelaskan konsumen bisa memantaunya melalui website www.alfamidiku.com maupun laporan kegiatan di website Lazisnu www.nucare.id. Selain itu juga akan dipasang poster kegiatan di seluruh jaringan Alfamidi maupun Lawson.