Alfamidi Lanjut Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah di Jagakarsa

3df34d56-dce5-4e18-9d88-e89fbc2ca1f6.jpg

Alfamidi kembali memberikan pelatihan daur ulang minyak jelantah menjadi sabun serbaguna dan sampah organik menjadi eco enzyme di RPTRA Ciganjur Berseri, Ciganjur, Jagakarsa pada Kamis 19 Oktober 2023.

Sekitar 50 peserta hadir dalam pelatihan tersebut yang seluruhnya berdomisili di Jagakarsa.

Corporate Communication Alfamidi Retriantina Marhendra mengatakan pelatihan ini diharapkan menjadi salah satu cara manajemen sampah yang diaplikasikan pada skala rumah tangga. "Tujuannya agar masyarakat bisa lebih produktif pada sampah organiknya," ujarnya.

Penggiat Lingkungan Hidup Bank Sampah Tri Alam Lestari, Tri Sugiarti, selaku pemateri dalam acara tersebut berharap agar para peserta bisa membagikan ilmu hasil edukasi daur ulang ke lingkungannya masing-masing.

"Jadi saya ingin agar para peserta membagikan lagi ilmu yang didapat hari ini ke anaknya, keluarganya, atau tetangganya demi mengurangi sampah organik dan mengubahnya jadi produk bernilai tambah," tutur Sugiarti.

Sabun serbaguna yang terbuat dari minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perabot, lantai, piring, bahkan untuk cuci tangan.

Sementara eco enzyme merupakan produk serbaguna hasil fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran. Setelah diproses cairan eco enzyme berguna untuk digunakan sebagai pembersih, pupuk, pengusir hama, bahkan untuk mengurangi polusi.

Sebelumnya, Alfamidi telah melaksanakan kegiatan serupa di RPTRA Taman Mandala, Tebet Utara, Jakarta Selatan yang juga dihadiri oleh puluhan peserta.

Kegiatan ini diharapkan berlangsung rutin dijalankan Alfamidi di berbagai wilayah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah.